Langsung ke konten utama

Aneka Sate dari Sabang sampai Merauke


Sate Padang
Sate adalah kuliner khas Indonesia yang disukai banyak orang, sate berupa potongan daging yang ditusuk dengan bilah bambu, lalu dibakar. Lazimnya diberi bumbu kecap atau sambal kacang. Yang paling umum, menggunakan daging sapi, kambing, ayam dan babi (non halal), namun Anda dapat menjumpai sate dari bahan belut, bandeng, kerbau maupun kelinci.

1. Sate Padang

Sate dari Sumatera Barat ini mewakili kota Padang, Padang Panjang dan Padang Pariaman. Terbuat dari bahan daging sapi, kadang dicampur lidah, jantung dan usus. Sate Padang disajikan dengan sambal kacang kental seperti bubur, yang cukup pedas. Sambal Padang Panjang berwarna kuning, sambal Padang Pariaman berwarna merah, sedang sambal Padang merupakan perpaduan kuning dan merah. Salah satu Sate Padang yang populer adalah Sate Padang Mak Syukur.

2. Sate Belut Banten

Salah satu bahan sate yang terkenal adalah belut yang diketahui memiliki kandungan gizi yang tinggi.  Daging belut memiliki tekstur yang legit dan memiliki cita rasa yang enak.

Sate Belut
3. Sate Bandeng Banten

Bandeng adalah ikan yang memiliki duri yang lembut yang sangat mengganggu tenggorokan bila duri tidak dilepas terlebih dulu sebelum disantap. Koki kerajaan Banten memiliki cara unik untuk melepaskan duri bandeng,

4. Sate Manis Betawi

Sate khas Betawi ini terbuat dari bahan daging sapi pilihan, dan hanya disajikan pada pesta-pesta besar. Sebenarnya memiliki aneka rasa, asin, asam dan gurih, jadi tidak hanya manis saja. Ada dua jenis sate manis Betawi, yang versi kering dan basah berbumbu.

5. Sate Lembut Betawi

Sate Lembut adalah sajian khas Betawi yang sudah sulit ditemukan, bentuknya menyerupai sate lilit di Bali, namun terbuat dari daging sapi. Sate lembut dihidangkan dengan bumbu kecap maupun bumbu kacang.

6. Sate Maranggi Purwakarta

Sate yang merupakan kuliner khas daerah Purwakarta ini terbuat dari daging sapi, yang sebelum dibakar dicampur dengan rempah-rempah yang konon merupakan akulturasi dari negeri Tiongkok.

7. Sate Kambing Tegal

Sate Kambing Tegal sangat populer di daerah pantai Utara, karena terkenal empuknya. Hal ini karena bahan yang digunakan adalah dari daging kambing muda, kadang berusia tiga hingga lima bulan.

8. Sate Ambal Kebumen

Sate khas Kebumen ini terbuat dari bahan daging ayam, namun tidak disajikan dengan sambal bumbu kacang, melainkan disajikan dengan tempe yang dibumbui rempah-rempah lalu dikukus.

9. Sate Sapi Kempleng Ungaran

Sate Kempleng terbuat dari daging sapi, kadang berupa jeroan seperti babat dan ginjal. Disajikan dengan pilihan sambal kacang dan sambal kecap. Ciri khas Sate Kempleng, potongan daging sapinya besar-besar.

10. Sate Suruh Salatiga

Sate Sapi ini dinamakan sesuai dengan letak gerainya, yakni di desa Suruh. Berupa sate sapi yang disajikan dengan sambal kacang yang ditumbuk kasar sehingga menimbulkan sensasi yang berbeda.Sate Suruh disajikan dengan lontong.

11. Sate Kerbau Kudus

Kerbau bukan sapi, ya itulah bahan utama Sate Kerbau Kudus. Dagingnya empuk dan terasa manis. Untuk membuat daging kerbau menjadi empuk harus melalui proses yang cukup panjang, diantaranya direndam dengan bumbu baceman. Sambal satenya juga beda dengan sambal sate lainnya, karena terbuat dari campuran kacang, serundeng, air kentang dan air cabe.

12. Sate Blora

Sate ayam ini beda rasanya dengan sate ayam dari daerah lain, karena sebelum dibakar, daging ayam tersebut dibumbui dengan campuran ketumbar, gula merah dan bawang putih. Campuran bumbu ini yang membuat bau harum pada Sate Blora. Sate Blora disajikan bersama lontong atau nasi putih yang ditaburi bawang goreng, sambal kacang dan kuah opor.

13. Sate Kelinci Kaliurang

Kuliner khas Kaliurang yang paling terkenal adalah jadah tempe, selain itu jangan lupa masih ada Sate Kelinci. Daging kelinci hampir serupa dengan daging ayam, namun sedikit lebih liat, namun lebih empuk daripada daging kambing. Sate Kelinci ini disajikan dengan kecap yang dicampur irisan bawang merah dan cabe.

14. Sate Buntel Solo

Sate Buntel terbuat dari daging kambing yang dicincang hingga lembut. Lazimnya disajikan dengan bumbu kecap, irisan tomat dan cabe.

15. Sate Klatag Yogya

Sate Klatag terbuat dari bahan daging kambing yang ditusuk dengan jeruji sepeda, dengan tujuan mendapatkan panas yang lebih merata. Merupakan kuliner khas di daerah Imogiri Yogyakarta.

16. Sate Kuda Yogya

Selain Sate Klatag, ternyata Yogya juga memiliki satu jenis sate yang unik dan jarang ada, yakni Sate Kuda di daerah Gondolayu. Ternyata Sate Kuda ini empuk dan rendah kolesterol.

Sate Kuda
17. Sate Ponorogo

Sate Ponorogo terbuat dari daging ayam, sepintas menyerupai sate ayam Madura, namun kalau diperhatikan ternyata ada perbedaan pada cara pemotongan dagingnya. Dagingnya disayat tipis memanjang menyerupai fillet, sehingga terbebas dari lemak.

18. Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura adalah sate ayam yang paling populer, di kota-kota yang ada orang Madura merantau, pasti mereka akan berjualan sate ayam Madura. Disajikan dengan sambal kacang, dan lazim disantap dengan lontong.

19. Sate Banjar 

Sate Banjar terbuat dari daging ayam, yang membedakan dari sate ayam Madura, adalah sambalnya yang terbuat dari cabai dan bawang putih yang direbus. Setelah dihaluskan, dicampur dengan bawang merah, saus tomat, garam, petis udang dan air.

20. Sate Biawak Banjarmasin

Sate dari daging biawak juga jarang didapatkan, di Banjarmasin ada gerai yang khusus menyajikan Sate Biawak dan sangat disukai oleh mereka yang memiliki sakit kulit, karena konon daging biawak memiliki khasiat menyembuhkan penyakit kulit.

21. Sate Kijang Banjarmasin

Sate dari bahan kijang ini sekarang makin sulit ditemukan, karena mulai banyaknya larangan memburu kijang untuk dikonsumsi. Namun bila Anda beruntung, di Banjarmasin kadang masih bisa diperoleh Sate Kijang.

22. Sate Makassar

Meski tidak terlalu terkenal, Makassar juga memiliki sate yang disebut Sate Makassar, terbuat dari daging dan jeroan kambing atau sapi, dibakar dengan bumbu saus yang terbuat dari belimbing. Hingga saat disajikan tidak perlu ditambahkan bumbu apa-apa lagi.

23. Sate Lilit Bali

Sate terbuat dari bahan ikan ini sangat populer di Bali, karena sering dipasangkan pada Nasi Campur Bali.

24. Sate Pusut Lombok

Sate Pusut bentuknya menyerupai Sate Lilit, namun terbuat dari daging sapi.

Masih adakah jenis sate yang belum dibahas ? Bila ada yang ketinggalan, nanti akan ditambahkan, selamat menikmati aneka sate yang ada di seluruh nusantara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Balikpapan ada Salome, Makanan Apakah Itu ?

Ketika saya mau meninggalkan Pasar Segar, Balikpapan tepat di hook di sebelah gerai Martabak Markobar, terdapat sebuah gerai "Salome Gledek" yang menjual Salome. Memang beberapa waktu di Balikpapan, saya sering mendengar lewat siaran radio yang membahas mengenai kuliner Salome ini, sehingga membuat saya jadi penasaran apa sih Salome ini ? Yang pasti Salome dalam konotasi ini bukanlah nama puteri penari cantik yang dimanja oleh Raja Herodes sehingga minta kepala Yohanes Pembaptis. Guna menghapus rasa penasaran saya lalu mampir sejenak dan melihat apa itu Salome. Ternyata Salome adalah nama lain dari pentol bakso yang pernah ngehitz juga di Surabaya. Salome bentuknya bulat, terbuat dari tepung kanji, terigu dan daging, disajikan bersama saus kacang, saus tomat dan kecap. Menurut kisah penyiar radio, makanan Salome ini mulai marak di Balikpapan pertama kali dijajakan pak le (panggilan untuk abang-abang di Balikpapan) dengan sepeda di lapangan Merdeka, Balikpapan yang sela

Depot Macau, Salah Satu Chinese Food Terbaik di Balikpapan

Depot Macau adalah sebuah rumah makan Tionghoa atau Chinese Food di kawasan Balikpapan Baru Ruko Fantasy.  Sebagai rumah makan yang menjajakan makanan non halal, maka di depan rumah makan sudah terpasang tulisan “Non Halal”. Karena di rumah makan ini menu utamanya adalah makanan olahan berbahan dasar daging babi, seperti sate babi, babi kecap, samcan goreng, nasi capcay babi merah,  nasi goreng chasiew, mie titi babi panggang, mie Kwantung, bakut sayur asin, sup perut ikan dan lain-lain. Salah satu menu yang paling menarik adalah nasi goreng babi panggang merah dan sate babi. Babi panggangnya tidak pelit dan sate babinya maknyus. Nasi cap cay babi merahnya juga sedap, porsinya pas, antara nasi, sayur dan babi panggangnya. Menempati sebuah ruko di hook, memiliki dua ruangan, ruang indoor dan ruang outdoor, yang mampu menampung sekitar 25-30 orang, meja dan kursi makan sederhana, dan tanpa AC. Tempat memasak berada di bagian luar dan meniupkan bau masakan yang sedap

Kedai Akim : Tempat Sarapan Ala Medan

Bagi Anda pecinta olahraga pagi, seperti jalan kaki atau gowes (bersepeda), bila  Anda lewat kawasan Balikpapan Baru, bisa mendapati tempat sarapan ala Medan. Tepatnya di Kedai Kopi Akim Medan, ada petunjuk lain dengan nama "Mie Pangsit 89". Lokasinya berseberangan dengan kantor pemasaran Grand City. Menu makan pagi yang tersedia mie pangsit bakso Medan, dengan pangsit kuah dan pangsit koreng. Lalu ada cakwe Medan, roti goreng, bubur ayam, soto ayam, onde-onde, dan telur setengah matang. Ada satu menu yang dirasa kurang, yaitu tidak tersedianya lontong sayur Medan. (Bagi penggemar lontong sayur Medan, bisa mencarinya di Pasar Modern Balikpapan Baru). Untuk minuman, Anda dapat memilih kopi Medan dan minuman lainnya panas maupun dingin. Kedai Kopi ini dikelola oleh pasangan suami istri asal Medan yang hijrah ke Balikpapan dan penggemar kaos jersey team sepakbola, karena tiap kali kesana keduanya selalu mengenakan kaos dengan warna seragam. Kedai