Langsung ke konten utama

Depot Layun Seafood, Alternatif Berburu Kepiting di Balikpapan


Siapapun yang sudah pernah menginjakkan kaki di kota Balikpapan, pasti mengetahui keistimewaan makanan olehan kepiting. Ada dua rumah makan yang menjadi legenda dalam hal memanjakan lidah pelanggannya, yakni Dandito dan Kepiting Kenari. Layanan ke dua rumah makan ini luar biasa, bahkan bersedia menyiapkan paket oleh-oleh yang siap diambil pada saat pelanggan hendak menuju bandara.

Persaingan ke dua rumah makan ini, membuat dua kubu pelanggan yang saling menomor satukan olahan kepiting yang sulit dibedakan siapa yang akan tampil sebagai pemenang. Ke duanya juga beradu kecepatan layanan, kebersihan dan kenyamanan bersantap.

Sekarang, Anda memiliki alternatif untuk menikmati masakan olahan kepiting di Balikpapan, tepatnya di kawasan Balikpapan Baru. Memang tempatnya tidak senyaman di kedua rumah makan diatas, namun dari segi rasa tidak kalah bila dibandingkan. Namanya Depot Layun Seafood, berlokasi di Kawasan Balikpapan Baru. Konon kabarnya, koki yang menggawangi rumah makan kepiting ini berasal dari salah satu rumah makan yang disebut terdahulu.

Dari segi tampilan depan, rumah makan ini kurang meyakinkan, penanda rumah makan hanya terbuat dari layar yang sudah mulai sobek-sobek, baik yang digantung di atas gerai, maupun yang di pasang pada sebuah papan  di depan rumah makan. Guna lebih meyakinkan calon pelanggan, sebaiknya hal ini dibenahi oleh pengelola. Lalu adanya kursi bekas di bagian depan rumah makan, juga mengganggu pemandangan. Di dalam ruang makan juga tidak ada pernak pernik pajangan, hanya tergantung sebuah gambar perempuan Dayak.

Menunya sederhana, tidak terlalu banyak pilihan, ada gambar ikan, namun menu ikan tidak tersedia, jadi hanya tersedia menu olahan Kepiting (Kepiting Saus Tiram, Kepiting Asam Manis dan Kepiting Lada Hitam), Udang, Cumi dan Ayam. Menu ayam yang menjadi andalannya adalah Ayam Goreng Mentega, yang pinggirannya di goreng garing. Juga menyediakan menu Nasi Goreng Kepiting.

Saat kami menunggu pesanan keluar, yang surprise, pelayan membawa satu mangkok kecil berwarna merah, dengan tiga tempat sambal, ternyata yang disajikan pertama kali adalah satu mangkok sambal asam manis yang menjadi ciri khas rumah makan ini.


Pesanan satu porsi Kepiting Lada Hitam keluar dengan ukuran jumbo dan kepiting telur, yang sangat menggiurkan. Berturut-turut dihidangkan Ayam Goreng Mentega, Udang Rebus Bawang Putih dan Sayur Cah Sawi. Dari sisi cita rasa, patut diacungi jempol, dimasak dalam keadaan segar, sehingga memerlukan waktu cukup lama menunggu pesanan dihidangkan.

Harga jauh lebih bersaing dibandingkan dua rumah makan yang pertama disebut, jadi bila Anda ingin berhemat, inilah rumah makan alternatif untuk berburu kepiting di Balikpapan. Total biaya yang dikeluarkan untuk makan bertiga hanya 320 ribu Rupiah.

Depot Layun Seafood
Komplex Ruko Balikpapan Baru, Sentra Eropa II Blok AB 9 No. 22
Balikpapan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Balikpapan ada Salome, Makanan Apakah Itu ?

Ketika saya mau meninggalkan Pasar Segar, Balikpapan tepat di hook di sebelah gerai Martabak Markobar, terdapat sebuah gerai "Salome Gledek" yang menjual Salome. Memang beberapa waktu di Balikpapan, saya sering mendengar lewat siaran radio yang membahas mengenai kuliner Salome ini, sehingga membuat saya jadi penasaran apa sih Salome ini ? Yang pasti Salome dalam konotasi ini bukanlah nama puteri penari cantik yang dimanja oleh Raja Herodes sehingga minta kepala Yohanes Pembaptis. Guna menghapus rasa penasaran saya lalu mampir sejenak dan melihat apa itu Salome. Ternyata Salome adalah nama lain dari pentol bakso yang pernah ngehitz juga di Surabaya. Salome bentuknya bulat, terbuat dari tepung kanji, terigu dan daging, disajikan bersama saus kacang, saus tomat dan kecap. Menurut kisah penyiar radio, makanan Salome ini mulai marak di Balikpapan pertama kali dijajakan pak le (panggilan untuk abang-abang di Balikpapan) dengan sepeda di lapangan Merdeka, Balikpapan yang sela

Depot Macau, Salah Satu Chinese Food Terbaik di Balikpapan

Depot Macau adalah sebuah rumah makan Tionghoa atau Chinese Food di kawasan Balikpapan Baru Ruko Fantasy.  Sebagai rumah makan yang menjajakan makanan non halal, maka di depan rumah makan sudah terpasang tulisan “Non Halal”. Karena di rumah makan ini menu utamanya adalah makanan olahan berbahan dasar daging babi, seperti sate babi, babi kecap, samcan goreng, nasi capcay babi merah,  nasi goreng chasiew, mie titi babi panggang, mie Kwantung, bakut sayur asin, sup perut ikan dan lain-lain. Salah satu menu yang paling menarik adalah nasi goreng babi panggang merah dan sate babi. Babi panggangnya tidak pelit dan sate babinya maknyus. Nasi cap cay babi merahnya juga sedap, porsinya pas, antara nasi, sayur dan babi panggangnya. Menempati sebuah ruko di hook, memiliki dua ruangan, ruang indoor dan ruang outdoor, yang mampu menampung sekitar 25-30 orang, meja dan kursi makan sederhana, dan tanpa AC. Tempat memasak berada di bagian luar dan meniupkan bau masakan yang sedap

Kedai Akim : Tempat Sarapan Ala Medan

Bagi Anda pecinta olahraga pagi, seperti jalan kaki atau gowes (bersepeda), bila  Anda lewat kawasan Balikpapan Baru, bisa mendapati tempat sarapan ala Medan. Tepatnya di Kedai Kopi Akim Medan, ada petunjuk lain dengan nama "Mie Pangsit 89". Lokasinya berseberangan dengan kantor pemasaran Grand City. Menu makan pagi yang tersedia mie pangsit bakso Medan, dengan pangsit kuah dan pangsit koreng. Lalu ada cakwe Medan, roti goreng, bubur ayam, soto ayam, onde-onde, dan telur setengah matang. Ada satu menu yang dirasa kurang, yaitu tidak tersedianya lontong sayur Medan. (Bagi penggemar lontong sayur Medan, bisa mencarinya di Pasar Modern Balikpapan Baru). Untuk minuman, Anda dapat memilih kopi Medan dan minuman lainnya panas maupun dingin. Kedai Kopi ini dikelola oleh pasangan suami istri asal Medan yang hijrah ke Balikpapan dan penggemar kaos jersey team sepakbola, karena tiap kali kesana keduanya selalu mengenakan kaos dengan warna seragam. Kedai