Langsung ke konten utama

Aneka Nasi dari Sabang sampai Merauke

Nasi Timbel
Nasi adalah makanan pokok penduduk Indonesia, dari nasi dapat dibentuk aneka macam kuliner yang berbeda-beda di tiap daerah. Dibawah ini berhasil dikumpulkan sekitar 20 jenis nasi yang telah cukup dikenal. Apakah ada yang belum pernah Anda cicipi ?

1. Nasi Uduk - Betawi

Nasi Uduk adalah nasi putih yang diaron dan dikukus bersama santan, dan beberapa rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, pala, merica dan daun serai. Nasi Uduk lazimnya disajikan bersama ayam goreng, tahu goreng, telur dadar yang sudah diiris kecil-kecil, abon, kering tempe, mentimun, dan sambal kacang. Dikenal sebagai menu sarapan di Betawi.

2. Nasi Ulam - Betawi

Nasi Ulam berupa nasi putih yang sudah dicampur dengan rempah-rempah, khususnya daun kemangi, biasanya disajikan dengan lauk berupa dendeng, telur dadar, tahu, tempe, serundeng, perkedel, kerupuk, sambal dan ditaburi kacang tumbuk. Ada dua versi Nasi Ulam berkuah dan kering.

3. Nasi Timbel - Jawa Barat

Nasi Timbel merupakan kuliner khas masyarakat Sunda, sehingga mudah diperoleh di Jawa Barat. Ujudnya berupa nasi putih yang dibungkus daun pisang, disajikan bersama lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, ikan asin, mentimun dan sambal serta didampingi sayur asam.

4. Nasi Lengko Cirebon

Nasi Lengko adalah kuliner khas Cirebon, berupa nasi yang dihidangkan bersama potongan tempe goreng dan tahu goreng, irisan kecil mentimun, taoge, daun kucai, bawang goreng, dan disiram bumbu kacang lalu diberi kecap manis encer secukupnya.Meski termasuk makanan sehat, namun sering disajikan bersama lauk tambahan sate kambing, telur goreng maupun daging goreng (empal). Kadang ditambahkan kerupuk putih.

5. Nasi Jamblang Cirebon

Nasi Jamblang sebenarnya nasi campur ala Cirebon, uniknya nasi disajikan di atas sepotong daun jati. Nama Jamblang sendiri adalah nama daerah tempat asal muasal kuliner ini. Nasi dibungkus daun jati dalam ukuran kecil, sehingga pembeli selalu ditanya nasinya berapa bungkus. Lalu nasi disantap bersama lauk yang dipilih dari jajaran lauk yang tersedia, seperti telur, semur daging, semur hati sapi / ayam, semur tahu, tahu dan tempe goreng, perkedel, ikan asin, cumi, paru sapi dan lain-lain. Yang khas lagi adalah sambal goreng yang berwarna merah.

6. Nasi Bogana - Tegal

Nasi Bogana adalah nasi putih yang dibungkus daun pisang bersama lauknya, lauk biasanya terdiri dari daging, telur dadar yang diiris tipis, atau telur rebus, tempe yang dipotong kecil, serundeng dan abon.

Nasi Bogana
7. Nasi Megono - Pekalongan

Nasi Megono adalah nasi dengan sayur nangka muda, yang disajikan bersama lauk berupa telur dadar, telur asian, ikan asin dan kerupuk.

8. Nasi Ayam - Semarang

Nasi Ayam adalah nasi putih yang disajikan dengan piring dari daun pisang atau piring bambu yang dialasi daun pisang, lalu ditambahkan suwiran ayam, tahu, telur dan disiram kuah opor dan sayur labu. Sering ditambah lauk tambahan berupa sate usus dan sate telur puyuh.

Nasi Ayam
 9. Nasi Goreng Babat - Semarang

Nasi Goreng Babat adalah salah satu kuliner Semarang yang terkenal, nasi digoreng bersama potongan bawang, dan potongan babat, lalu diberi cabe dan kecap secukupnya. Sangat lezat  disantap dalam keadaan hangat.

10. Nasi Brongkos - Demak

Nasi Brongkos adalah nasi putih yang disajikan bersama sayur yang terbuat dari tahu, nangka muda, bawang merah, bawang putih, asam jawa, gula, kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, goreng dan minyak goreng. Nasi Brongkos lebih lezat disantap dalam kondisi hangat.

11. Nasi Langgi - Solo

Nasi Langgi kadang menggunakan nasi putih atau nasi kuning yang telah dicampur asam Jawa dan santan, disajikan bersama lauk irisan telur dadar, abon, serundeng, kering kentang, potongan daging, sambal goreng hati, mentimun dan kerupuk.

12. Nasi Liwet - Solo

Nasi Liwet adalah nasi gurih yang disajikan dalam piring daun pisang (pincuk), ditambah lauk suwiran ayam, potongan telur, tahu, dan diberi areh (santan kental), lalu diguyur kuah sayur labu.

13. Nasi Pindang - Kudus

Nasi Pindang adalah nasi putih yang disajikan dalam piring yang diberi alas daun pisang, lalu disiram dengan kuah pindang, yang mengandung potongan daging dan daun so.

Nasi Pindang
14. Nasi Gandul - Pati

Bentuk tampilannya menyerupai semur, cara penyajiannya nasi putih diisikan pada piring yang dilapisan daun pisang, lalu disiramkan kuah berikut potongan daging atau jeroan sapi.Cara makannya menggunakan sendok dari daun psiang yang dikenal dengan sebutan suru.

15. Nasi Gudeg - Yogya

Nasi gudeg adalah kuliner yang paling mengglobal karena sudah ada gudeg dalam kemasan kaleng yang dipasarkan ke manca negara.Gudeg terbuat dari nangka muda, cara pengolahannya ada dua versi, kering dan basah. Selain nasi dan gudeg, lazimnya ditambahkan lauk potongan telur, ayam, dan sambal kerecek.

16. Nasi Krawu - Gresik

Nasi Krawu juga disajikan di atas piring beralasakan daun pisang, lalu baru ditambahkan lauk berupa sayatan daging sapi, jeroan sapi, sambal terasi, serundeng ditambahkan semur daging sapi.

17. Nasi Rawon - Surabaya

Nasi Rawon adalah nasi putih dengan potongan daging sapi yang disiram kuah coklat kehitaman, warna coklat kehitaman ini berasal dari buah kluwak. Disajikan bersama telur asin, kerupuk udang dan taoge.
Nasi Rawon
18. Nasi Tempong - Banyuwangi

Nasi Tempong adalah nasi putih yang disajikan bersama sayuran yang telah direbus, seperti bayam, kenikir, dan daun kemangi, ditambah lauk berupa tahu tempe, bakwa jagung, dan ikan jambal. Nasi disiram sambal kacang yang ada campuran terasi dan kencur. Mengenai penamaan Nasi Tempong disebabkan oleh rasa pedas, seakan-akan habis ditampar.

19. Nasi Lawar - Bali

Nasi Lawar adalah nasi putih yang disajikan bersama aneka sayuran seperti sayur nangka dan irisan daging cincang, aneka bumbu dan kelapa. Lazimnya Nasi Lawar disajikan bersama babi guling.

20. Nasi Haruan - Banjarmasin

Nasi Haruan sebenarnya adalah salah satu jenis nasi kuning dengan lauk Haruan (ikan gabus) di daerah Banjarmasin, selain Haruan, lauk yang disajikan adalah Hati, Hayam, Hitik dan Hintalu (telur). Merupakan menu sarapan di pagi hari.

21. Nasi Jaha - Manado

Nasi Jaha adalah satu-satunya nasi yang terbuat dari bahan ketan, bukan beras seperti pada umumnya nasi. Ketan dan santan dimasukkan di dalam tabung bambu, lalu dipanggang. Rasanya menyerupai lemper. Sebagai lauknya dapat ditambahkan abon sapi, abon ikan cakalang, gulai dan kari.

Nasi Jaha
Cukup banyak ya aneka macam nasi di tanah air Indonesia. Mana yang paling Anda sukai ? Silakan dipilih dan salam kenyang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Balikpapan ada Salome, Makanan Apakah Itu ?

Ketika saya mau meninggalkan Pasar Segar, Balikpapan tepat di hook di sebelah gerai Martabak Markobar, terdapat sebuah gerai "Salome Gledek" yang menjual Salome. Memang beberapa waktu di Balikpapan, saya sering mendengar lewat siaran radio yang membahas mengenai kuliner Salome ini, sehingga membuat saya jadi penasaran apa sih Salome ini ? Yang pasti Salome dalam konotasi ini bukanlah nama puteri penari cantik yang dimanja oleh Raja Herodes sehingga minta kepala Yohanes Pembaptis. Guna menghapus rasa penasaran saya lalu mampir sejenak dan melihat apa itu Salome. Ternyata Salome adalah nama lain dari pentol bakso yang pernah ngehitz juga di Surabaya. Salome bentuknya bulat, terbuat dari tepung kanji, terigu dan daging, disajikan bersama saus kacang, saus tomat dan kecap. Menurut kisah penyiar radio, makanan Salome ini mulai marak di Balikpapan pertama kali dijajakan pak le (panggilan untuk abang-abang di Balikpapan) dengan sepeda di lapangan Merdeka, Balikpapan yang sela

Depot Macau, Salah Satu Chinese Food Terbaik di Balikpapan

Depot Macau adalah sebuah rumah makan Tionghoa atau Chinese Food di kawasan Balikpapan Baru Ruko Fantasy.  Sebagai rumah makan yang menjajakan makanan non halal, maka di depan rumah makan sudah terpasang tulisan “Non Halal”. Karena di rumah makan ini menu utamanya adalah makanan olahan berbahan dasar daging babi, seperti sate babi, babi kecap, samcan goreng, nasi capcay babi merah,  nasi goreng chasiew, mie titi babi panggang, mie Kwantung, bakut sayur asin, sup perut ikan dan lain-lain. Salah satu menu yang paling menarik adalah nasi goreng babi panggang merah dan sate babi. Babi panggangnya tidak pelit dan sate babinya maknyus. Nasi cap cay babi merahnya juga sedap, porsinya pas, antara nasi, sayur dan babi panggangnya. Menempati sebuah ruko di hook, memiliki dua ruangan, ruang indoor dan ruang outdoor, yang mampu menampung sekitar 25-30 orang, meja dan kursi makan sederhana, dan tanpa AC. Tempat memasak berada di bagian luar dan meniupkan bau masakan yang sedap

Kedai Akim : Tempat Sarapan Ala Medan

Bagi Anda pecinta olahraga pagi, seperti jalan kaki atau gowes (bersepeda), bila  Anda lewat kawasan Balikpapan Baru, bisa mendapati tempat sarapan ala Medan. Tepatnya di Kedai Kopi Akim Medan, ada petunjuk lain dengan nama "Mie Pangsit 89". Lokasinya berseberangan dengan kantor pemasaran Grand City. Menu makan pagi yang tersedia mie pangsit bakso Medan, dengan pangsit kuah dan pangsit koreng. Lalu ada cakwe Medan, roti goreng, bubur ayam, soto ayam, onde-onde, dan telur setengah matang. Ada satu menu yang dirasa kurang, yaitu tidak tersedianya lontong sayur Medan. (Bagi penggemar lontong sayur Medan, bisa mencarinya di Pasar Modern Balikpapan Baru). Untuk minuman, Anda dapat memilih kopi Medan dan minuman lainnya panas maupun dingin. Kedai Kopi ini dikelola oleh pasangan suami istri asal Medan yang hijrah ke Balikpapan dan penggemar kaos jersey team sepakbola, karena tiap kali kesana keduanya selalu mengenakan kaos dengan warna seragam. Kedai