Langsung ke konten utama

Aneka Mie di Seantero Dunia

Udon
Pada umumnya orang mengetahui bahwa mie atau bakmi adalah kuliner yang berasal dari Tiongkok, namun sebenarnya di Asia maupun Eropa banyak berkembang berbagai jenis mie dengan nama berbeda-beda. Sebelum akhirnya muncul mie siap saji (instant) yang berkembang pesat menjadi santapan sejuta umat. Mari kita bahas satu persatu mie yang terdapat di seluruh dunia.

1. Udon, Jepang

Udon adalah salah satu dari jenis mie yang ada di Jepang, terbuat dari bahan tepung terigu dan bentuknya tebal dan agak lebar. Di Jepang lebih dikenal dengan nama hiyamugi. Udon lebih dikenal di daerah Jepang bagian Barat, memiliki tiga jenis berdasarkan ketebalannya, yakni futo udon (yang paling tebal), hoso udon (yang lebih tipis) dan himokawa udon (yang potongannya kecil).
Udon lazimnya disajikan berkuah hangat, namun adakalanya ada yang disajikan dingin.

2. Ramen, Jepang

Ramen adalah mie kuah Jepang, yang disajikan dengan berbagai variasi kuah, juga variasi topping seperti telur, jagung, irisan daging babi / ayam, sayuran, tahu, dan lain-lain.

3. Soba, Jepang

Soba adalah salah satu mie asal Jepang yang biasanya disajikan dalam keadaan dingin (morisoba), sangat populer di kawasan Jepang bagian Timur. Soba terbuat dari tepung gandum kuda (serelia). Soba sering dihidangkan pada perayaan-perayaan seperti acara pindah rumah (hikkoshi soba) atau pergantian tahun baru (toshikoshi soba). Soba disantap setelah dicelupkan ke dalam kuah (tsuyu). Namun soba masih bisa disajikan dalam kondisi panas (kakesoba).

4. Somen, Jepang

Somen adalah mie Jepang yang tipis dan halus, dijual dalam bentuk kering. Somen terbuat dari bahan tepung terigu yang dicampur minyak goreng, garam, dan air. Bisa dihidangkan dengan di goreng maupun berkuah.

5. Bihun, Tiongkok

Bihun adalah mie asal Tiongkok dalam bentuk lebih tipis, yang terbuat dari tepung beras. Bihun dapat disajikan dengan kuah atau di goreng.

6. Kwetiau, Tiongkok

Kwetiau adalah mie asal Tiongkok berbentuk putih, terbuat dari beras. Di Indonesia masakan kwetiau disebarkan oleh bangsa Hokkian (Sumatera) yang memadukan kwetiau dengan sosis babi (lapchiong), bakso ikan dan telur bebek, yang terkenal adalah kwetiau Medan dan kwetiua Bagan. Sedangkan bangsa Tio Ciu memperkenalkan kwetiau di Kalimantan, dengan ciri dari daging dan jeroan sapi, yang terkenal adalah kwetiau Pontianak.Kwetiau disajikan dalam bentuk digoreng, rebus maupun siram. Ada  lagi variasi memasak kwetiau yaitu yam, kwetiau rebus yang diolah dengan minyak bawang putih, serta bun, kwetiau goreng yang diberi sedikit kuah.

7. Misoa, Tiongkok

Misoa adalah mie tipis dan halus berwarna putih yang terbuat dari tepung terigu, sekilah bentuknya sama dengan bihun yang terbuat dari tepung beras atau so-un yang terbuat dari tepung kacang hijau. Misoa lebih terkenal di Taiwan ketimbang di Tiongkok daratan. Misoa dapat disajikan berkuah atau di goreng. Lazimnya dihidangkan bersama tiram, usus babi dan darah babi.

8. Ifumie, Tiongkok

Ifumie terbuat dari mie yang di goreng kering, lalu di bagian atasnya disiramkan sayuran seperti cap cay.

9. Soun, Tiongkok

Soun atau Sohun adalah mie tipis berwarna putih terbuat dari tepung kacang hijau. Disajikan dalam bentuk sup, tumis atau di goreng.

10. Lamian, Tiongkok

Lamian atau mie tarik, adalah mie yang pembuatannya menjadi sebuah atraksi khusus bagi para peminatnya. Dalam pembuatannya, Lamian dibentuk dengan cara memuntir, menarik, membentang hingga melipat adonan tepung terigu sehingga akhirnya membentuk mie tipis. Lamian lazim disajikan berkuah.

Lamian
11. Somyeon, Korea

Someyon adalah mie Korea yang terbuat dari tepung gandum, bentuknya tipis, menyerupai Somen di Jepang.

12. Dangmyeon, Korea

Dangmyeon, adalah mie Korea yang terbuat dari ubi jalar manis.

13. Olchaengi Guksu, Korea

Olchaengi Guksu adalah mie Korea yang terbuat dari tepung jagung kering, banyak didapati di daerah pegunungan Korea.

14. Memil Guksu, Korea

Memil Guksu adalah mie Korea yang serupa dengan Soba di Jepang.

15. Pho, Vietnam

Pho dikenal sebagai mie kuah sapi di Vietnam, berasal dari Hanoi dan berkembang hingga ke Ho Chi Minh City. Mie yang terbuat dari tepung beras ini dikenal dengan nama banh pho. Pho biasa dihidangkan berkuah, dengan irisan daging sapi, babat sapi dan bakso sapi.

Pho
16. Mee Pok, Malaysia / Singapore

Mee Pok adalah sebutan untuk mie kuning di Malaysia dan Singapore. Yang terkenal adalah Bak Chor Mee yakni mie dengan jamur dan daging babi berkuah serta Yu Wan Mee mie dengan bakso ikan.

17. Resteh, Timur Tengah

Resteh adalah sejenis mie tipis di Persia, yang terkenal ada mie berkuah yang disebut Asheh Resteh.

18. Pasta, Italia

Pasta adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung terigu, olive oil, telur dan garam. Pasta memiliki banyak variasi ukuran dan bentuk. Yang cukup terkenal di Indonesia adalah spaghetti, fettucine, dan linguine. Yang bentuknya paling menyerupai mie tipis dan panjang adalah spaghetti, yang bentuknya lebih kurus dikenal dengan nama vermicelli, sedangkan yang panjanga pipih dikenal dengan nama linguine, lalu yang agak tebal disebut fettucine.
Spaghetti
19. Spatzle, Jerman

Di Jerman juga dikenal makanan berbentuk seperti mie, dengan sebutan Spatzle atau Spaetzle.

Spatzle
20. Nokedli, Hongaria

Nokedli adalah sejenis mie seperti halnya Spatzle di Jerman.

Demikianlah berbagai jenis mie yang ada di seluruh dunia, semoga dengan mengenalnya, Anda dapat mengetahui perbedaan yang ada. Selamat menikmati !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Balikpapan ada Salome, Makanan Apakah Itu ?

Ketika saya mau meninggalkan Pasar Segar, Balikpapan tepat di hook di sebelah gerai Martabak Markobar, terdapat sebuah gerai "Salome Gledek" yang menjual Salome. Memang beberapa waktu di Balikpapan, saya sering mendengar lewat siaran radio yang membahas mengenai kuliner Salome ini, sehingga membuat saya jadi penasaran apa sih Salome ini ? Yang pasti Salome dalam konotasi ini bukanlah nama puteri penari cantik yang dimanja oleh Raja Herodes sehingga minta kepala Yohanes Pembaptis. Guna menghapus rasa penasaran saya lalu mampir sejenak dan melihat apa itu Salome. Ternyata Salome adalah nama lain dari pentol bakso yang pernah ngehitz juga di Surabaya. Salome bentuknya bulat, terbuat dari tepung kanji, terigu dan daging, disajikan bersama saus kacang, saus tomat dan kecap. Menurut kisah penyiar radio, makanan Salome ini mulai marak di Balikpapan pertama kali dijajakan pak le (panggilan untuk abang-abang di Balikpapan) dengan sepeda di lapangan Merdeka, Balikpapan yang sela

Depot Macau, Salah Satu Chinese Food Terbaik di Balikpapan

Depot Macau adalah sebuah rumah makan Tionghoa atau Chinese Food di kawasan Balikpapan Baru Ruko Fantasy.  Sebagai rumah makan yang menjajakan makanan non halal, maka di depan rumah makan sudah terpasang tulisan “Non Halal”. Karena di rumah makan ini menu utamanya adalah makanan olahan berbahan dasar daging babi, seperti sate babi, babi kecap, samcan goreng, nasi capcay babi merah,  nasi goreng chasiew, mie titi babi panggang, mie Kwantung, bakut sayur asin, sup perut ikan dan lain-lain. Salah satu menu yang paling menarik adalah nasi goreng babi panggang merah dan sate babi. Babi panggangnya tidak pelit dan sate babinya maknyus. Nasi cap cay babi merahnya juga sedap, porsinya pas, antara nasi, sayur dan babi panggangnya. Menempati sebuah ruko di hook, memiliki dua ruangan, ruang indoor dan ruang outdoor, yang mampu menampung sekitar 25-30 orang, meja dan kursi makan sederhana, dan tanpa AC. Tempat memasak berada di bagian luar dan meniupkan bau masakan yang sedap

Kedai Akim : Tempat Sarapan Ala Medan

Bagi Anda pecinta olahraga pagi, seperti jalan kaki atau gowes (bersepeda), bila  Anda lewat kawasan Balikpapan Baru, bisa mendapati tempat sarapan ala Medan. Tepatnya di Kedai Kopi Akim Medan, ada petunjuk lain dengan nama "Mie Pangsit 89". Lokasinya berseberangan dengan kantor pemasaran Grand City. Menu makan pagi yang tersedia mie pangsit bakso Medan, dengan pangsit kuah dan pangsit koreng. Lalu ada cakwe Medan, roti goreng, bubur ayam, soto ayam, onde-onde, dan telur setengah matang. Ada satu menu yang dirasa kurang, yaitu tidak tersedianya lontong sayur Medan. (Bagi penggemar lontong sayur Medan, bisa mencarinya di Pasar Modern Balikpapan Baru). Untuk minuman, Anda dapat memilih kopi Medan dan minuman lainnya panas maupun dingin. Kedai Kopi ini dikelola oleh pasangan suami istri asal Medan yang hijrah ke Balikpapan dan penggemar kaos jersey team sepakbola, karena tiap kali kesana keduanya selalu mengenakan kaos dengan warna seragam. Kedai