Langsung ke konten utama

Aneka Mie dari Sabang sampai Merauke

Di Indonesia mie cukup disukai, terbukti dengan jayanya produsen mie instan. Nah, ternyata dari ujung Barat hingga ujung Timur Indonesia, juga dapat ditemukan aneka jenis mie yang menjadi primadona di masing-masing daerahnya.

Mie sebenarnya adalah makanan berasal dari Asia Timur, seperti Tiongkok, Jepang dan Korea, menurut sejarah mie pertama kali dikembangkan di daratan Tiongkok kira-kira 2000 tahun yang lalu di era dinasti Han.

1. Mie Aceh

    Mie yang di goreng dengan campuran bumbu rempah yang sangat menyengat, gurih dan pedas, biasanya dicampur dengan makanan laut seperti udang dan cumi atau daging sapi / kambing. Disajikan dengan irisan bawang merah, mentimun, jeruk nipis dan emping.
Mie Aceh
2. Mie Medan

Mie Medan adalah mie kuning yang disajikan bersama pangsit dan bakso, sayur sawi, telur, daging ayam cincang dan irisan daging babi merah.
Mie Medan
3. Mie Bagan

Secara prinsip mie Bagan ini hampir sama dengan mie Medan, mie yang disajikan dengan potongan daging babi merah dan telur. Memang mie Bagan tidak begitu terkenal, masih lebih populer kweetiauw Bagan.

Mie Bagan

4. Mie Jambi

Mie Jambi adalah mie kuning yang disajikan bersama daging cincang dan potongan daging babi merah, bersama kuah terpisah berisikan sayur, usus babi, hati babi dan potongan bakso ikan.
Mie Jambi

5. Mie Bangka

Mie Bangka adalah mie kuning yang disiram dengan kuah berbumbu yang terbuat dari ikan, udang, cumi atau kepiting, dan ditambah dengan taoge, dan mentimun.

Mie Bangka
6. Mie Belitung

Mie Belitung adalah mie kuning yang disiram dengan kuah kental kaldu udang kecoklatan dengan rasa gurih dan manis. Disajikan bersama mentimun, kubis, emping, cakwe goreng, tahu, irisan kentang rebus, dan tauge.
Mie Belitung

7. Mie Celor Palembang

Mie yang diaduk (dicelor) dengan kuah santan, kaldu udang kering, taoge dan irisan telur rebus, lalu ditaburi seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Mie Celor
8. Soto Mie Betawi

Masih dapat digolongkan dalam kelompok mie, meski sering disebut sebagai soto, karena selalu disajikan berkuah. Mie kuning bercampur bihun, tomat, risol, kubis, tomat dan daging. Setelah disiram dengan kuah kaldu, lalu disajikan dengan kecap, sambal dan jeruk limau. Ada kalanya disebut dengan nama Soto Mie Bogor.

Soto mie Betawi
9. Mie Koclok Cirebon

Mie Koclok adalah mie kuning dengan taoge yang disiram dengan kuah bersantan, lalu diatasnya ditaburi irisan daging ayam dan bawang goreng.

Mie Koclok
10. Mie Kocok Bandung

Mie Kocok ini menggunakan mie agak besar seperti kweetiauw, disajikan bersama kikil, bakso, tahu, dan taoge. Setelah disiram dengan kuah sapi, lalu ditaburi seledri dan bawang goreng.

Mie Kocok
11. Mie Bandung

Mie Bandung ini pernah sangat terkenal, mie kuning yang diaduk dengan kecap, lalu ditaburi daging cincang. Biasanya disajikan dengan pangsit, bakso dan tahu bakso.

Mie Bandung

12. Mie Titee Semarang

Mie Titee adalah mie kuah khas Semarang yang disajikan berkuah dengan topping sayur, udang dan potongan daging babi dan kaki babi.
Mie Titee

13. Mie Ongklok Wonosobo

Mie Ongklok adalah mie kuning yang dicampur dengan sayur kubis dan kucai, merupakan mie khas Wonosobo.

Mie Ongklok

14. Mie Jawa Yogya

Ada dua macam mie Jawa, mie rebus atau yang dikenal dengan nama mie godog, dan mie goreng tetapi agak basah (nyemek). Toppingnya biasanya berupa irisan tipis daging ayam.

Mie goreng Jawa

Mie godog Jawa
15. Cwimie Malang

Cwimie Malang adalah mie yang disajikan bersama abon ayam, pangsit dan sayur selada.

Cwimie Malang

16. Mie Kepiting Pontianak

Mie Kepiting khas Pontianak ini disebut mie kepiting, karena didominasi oleh potongan kepiting, bahkan kaki kepiting kadang kala ikut disajikan. Selain itu sering kali ditambahkan pangsit, bakso, irisan daging babi dan tahu bakso.
Mie Kepiting

17. Mie Klandasan Balikpapan

Mie Klandasan ini mirip dengan mie ayam biasa, namun penyajiannya yang dibuat berbeda, yaitu disajikan diatas kulit pangsit goreng.

Mie Klandasan
18. Mie Titi Makassar

Mie Titi adalah mie kering khas Makassar yang menyerupai ifumie disajikan dengan kuah kental bersayur dan berisikan udang dan hati ayam.

Mie Titi

19. Mie Cakalang Manado

Mie yang menggunakan dua jenis cabe yaitu cabe merah dan cabe hijau, lalu dicampur dengan sayur, cuka, air, garam, bawang putih dan jahe, kemudian ditaburi ikan cakalang dan bawang goreng.

Mie Cakalang
20. Mie Kacang / Mie Lendir Pekanbaru / Batam

Mie Kacang atau sering disebut mie Lendir adalah mie khas Riau / Kepri, mudah didapati di Pekanbaru atau Batam. Mie kuning yang disiram kuah kental berasal dari kacang dan ubi, lalu dilengkapi dengan taoge, telur rebus, seledri dan bawang goreng.

Mie Kacang /Mie Lendir
Apakah Anda masih memiliki informasi mie yang tersaji di Nusantara ini dan belum masuk dalam artikel ini ? Silakan komentari artikel ini guna melengkapi artikel ini.


#Kuliner Nusantara

(Sg/19-07-2014)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Balikpapan ada Salome, Makanan Apakah Itu ?

Ketika saya mau meninggalkan Pasar Segar, Balikpapan tepat di hook di sebelah gerai Martabak Markobar, terdapat sebuah gerai "Salome Gledek" yang menjual Salome. Memang beberapa waktu di Balikpapan, saya sering mendengar lewat siaran radio yang membahas mengenai kuliner Salome ini, sehingga membuat saya jadi penasaran apa sih Salome ini ? Yang pasti Salome dalam konotasi ini bukanlah nama puteri penari cantik yang dimanja oleh Raja Herodes sehingga minta kepala Yohanes Pembaptis. Guna menghapus rasa penasaran saya lalu mampir sejenak dan melihat apa itu Salome. Ternyata Salome adalah nama lain dari pentol bakso yang pernah ngehitz juga di Surabaya. Salome bentuknya bulat, terbuat dari tepung kanji, terigu dan daging, disajikan bersama saus kacang, saus tomat dan kecap. Menurut kisah penyiar radio, makanan Salome ini mulai marak di Balikpapan pertama kali dijajakan pak le (panggilan untuk abang-abang di Balikpapan) dengan sepeda di lapangan Merdeka, Balikpapan yang sela

Depot Macau, Salah Satu Chinese Food Terbaik di Balikpapan

Depot Macau adalah sebuah rumah makan Tionghoa atau Chinese Food di kawasan Balikpapan Baru Ruko Fantasy.  Sebagai rumah makan yang menjajakan makanan non halal, maka di depan rumah makan sudah terpasang tulisan “Non Halal”. Karena di rumah makan ini menu utamanya adalah makanan olahan berbahan dasar daging babi, seperti sate babi, babi kecap, samcan goreng, nasi capcay babi merah,  nasi goreng chasiew, mie titi babi panggang, mie Kwantung, bakut sayur asin, sup perut ikan dan lain-lain. Salah satu menu yang paling menarik adalah nasi goreng babi panggang merah dan sate babi. Babi panggangnya tidak pelit dan sate babinya maknyus. Nasi cap cay babi merahnya juga sedap, porsinya pas, antara nasi, sayur dan babi panggangnya. Menempati sebuah ruko di hook, memiliki dua ruangan, ruang indoor dan ruang outdoor, yang mampu menampung sekitar 25-30 orang, meja dan kursi makan sederhana, dan tanpa AC. Tempat memasak berada di bagian luar dan meniupkan bau masakan yang sedap

Kedai Akim : Tempat Sarapan Ala Medan

Bagi Anda pecinta olahraga pagi, seperti jalan kaki atau gowes (bersepeda), bila  Anda lewat kawasan Balikpapan Baru, bisa mendapati tempat sarapan ala Medan. Tepatnya di Kedai Kopi Akim Medan, ada petunjuk lain dengan nama "Mie Pangsit 89". Lokasinya berseberangan dengan kantor pemasaran Grand City. Menu makan pagi yang tersedia mie pangsit bakso Medan, dengan pangsit kuah dan pangsit koreng. Lalu ada cakwe Medan, roti goreng, bubur ayam, soto ayam, onde-onde, dan telur setengah matang. Ada satu menu yang dirasa kurang, yaitu tidak tersedianya lontong sayur Medan. (Bagi penggemar lontong sayur Medan, bisa mencarinya di Pasar Modern Balikpapan Baru). Untuk minuman, Anda dapat memilih kopi Medan dan minuman lainnya panas maupun dingin. Kedai Kopi ini dikelola oleh pasangan suami istri asal Medan yang hijrah ke Balikpapan dan penggemar kaos jersey team sepakbola, karena tiap kali kesana keduanya selalu mengenakan kaos dengan warna seragam. Kedai