Langsung ke konten utama

Berburu Kuliner Cirebon

Cirebon, sebuah kota pesisir di pantai Utara Jawa Barat, di dekat perbatasan dengan Jawa Tengah. Perpaduan budaya Jawa Barat dan Jawa Tengah, akhirnya membuahkan aneka kuliner yang unik namun lezat. Untuk menuju kota Cirebon, paling mudah adalah menggunakan kereta api : Cirebon Express atau Argo Jati dari stasiun Gambir Jakarta, atau kereta api lainnya yang menuju ke Jawa Tengah tetapi mampir di Cirebon, atau gunakan mobil / bis.

Empal Gentong

Menyerupai gulai di Jawa Tengah, irisan daging sapi atau jeroan yang diberi kuah kuning dan ditaburi irisan daun kucai. Disebut "Gentong" karena kuah selalu dipanasi di dalam sebuah gentong dengan api dari bara kayu bakar. Biasa disajikan dengan lontong atau nasi putih. Kini sudah naik kelas dan sering ditampilkan di pesta kawin di hotel berbintang. Pada mulanya yang paling dikenal adalah Empal Gentong Mang Darma, kini yang sangat diburu adalah Empal Gentong H. Apud dan Amarta , yang keduanya terletak di Jl. Ir H. Juanda.

Sejalan perkembangan kuliner, kini dimunculkan menu baru yaitu Empal Asam, dengan kuah bening.

 

Nasi Jamblang

Sepintas memang sama seperti nasi biasa, namun kekhasannya karena disajikan diatas selembar daun jati, jadi bau daun jati yang menambah rasa sedap. Ketika memesan, Anda akan ditanya ingin nasi berapa bungkus, karena nasi dibungkus kecil-kecil, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan ukuran perut Anda. Setelah menentukan pesanan nasi, baru Anda memilih lauk yang tersedia, seperti tahu, tempe, daging, telur, ikan asin, hati ampela, dan lain-lain, yang penting jangan lupa sambal merah khas Nasi Jamblang. Disebut "Jamblang" karena konon asalnya dari desa Jamblang di Cirebon. Kini yang paling ramai dikunjungi adalah Nasi Jamblang Mang Dul di depan Grage Mall.


Nasi Lengko

Salah satu makanan khas Cirebon lainnya adalah Nasi Lengko, yaitu nasi putih hangat yang disajikan dengan lauk 100% non-hewani, yaitu irisan tahu goreng, tempe goreng, mentimun, taoge rebus, daun kucai, ditaburi bawang goreng dan disiram dengan kuah kacang dan kecap manis encer. Memang ada yang menambahkan telur asin, telur dadar dan jeroan, sehingga ciri khas 100% non-hewani jadi sirna.
Yang paling sering dicari adalah Nasi Lego H. Barno, Jl. Pagongan, Cirebon.


Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah tahu goreng yang diiris tipis, lalu ditambahkan kuah yang terbuat dari cabe, bawang putih, bawang merah dan gula. Disajikan dengan piring kecil khas yang disebut "layah", cara makannya menggunakan lidi kecil untuk menusuk irisan tahu yang telah dibumbui tersebut.



Es Cuing

Sekarang sangat sulit didapati karena penjualnya sudah sangat berkurang. Es Cuing sebenarnya hampir sama dengan es cincau, hanya menggunakan sirop khas Cirebon yaitu sirop Campolay. Kadang kala ada yang ditambah kelapa muda.


Gado-Gado

Gado-gado ini memiliki ciri khas karena disajikan dengan alas kerupuk udang. Jadi diatas kerupuk udang baru diletakkan lontong, sayur-sayuran, potongan telur dan disiram dengan bumbu kacang, lalu ditaburi bawang goreng. Gado-gado khas Cirebon ini hanya didapati di Jl. Lawanggada, dekat stasiun kereta api Parujakan.





Mie Koclok

Salah satu mie khas Cirebon, yaitu mie kuning rebus yang disajikan dengan suwiran daging ayam, potongan telur, daun bawang, taoge,dan kubis, lalu disiram dengan cairan kuah putih kental, lalu ditaburi bawang goreng. Kuah putihnya terbuat dari tepung maizena, kaldu ayam, santan kental, merica dan garam. Yang paling populer adalah Mie Koclok Panjunan di Jl. Pekarungan, Cirebon.


Docang

Docang adalah singkatan dari boDo (baceman dari oncom dage) dan kaCang hijau yang dijadikan taoge. Disajikan dengan lontong, daun singkong, tauge, dan kerupuk, yang disiram kuah sayum oncom dage. Oncom dage sendiri terbuat dari ampas tahu yang dicampur dengan bungkil kacang tanah yang dihancurkan dan dicampur dengan parutan kelapa muda. Makanan dengan rasa gurih ini makin jarang didapati di kota Cirebon.

Sate Kalong

Sate ini cukup terkenal, sebenarnya sate daging kerbau yang diiris tipis, namun dikenal sebagai sate kalong karena bukanya hanya di malam hari. Rasanya campuran asin dan manis. Untuk mendapati sate kalong, Anda harus menuju ke kawasan Pasar Kanoman.



Makanan-makanan diatas semuanya adalah makanan khas kota Cirebon yang perlu Anda nikmati bila Anda sedang mampir ke kota Cirebon. Happy kuliner !

#Kuliner Nusantara

(sg/29-08-2014)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Balikpapan ada Salome, Makanan Apakah Itu ?

Ketika saya mau meninggalkan Pasar Segar, Balikpapan tepat di hook di sebelah gerai Martabak Markobar, terdapat sebuah gerai "Salome Gledek" yang menjual Salome. Memang beberapa waktu di Balikpapan, saya sering mendengar lewat siaran radio yang membahas mengenai kuliner Salome ini, sehingga membuat saya jadi penasaran apa sih Salome ini ? Yang pasti Salome dalam konotasi ini bukanlah nama puteri penari cantik yang dimanja oleh Raja Herodes sehingga minta kepala Yohanes Pembaptis. Guna menghapus rasa penasaran saya lalu mampir sejenak dan melihat apa itu Salome. Ternyata Salome adalah nama lain dari pentol bakso yang pernah ngehitz juga di Surabaya. Salome bentuknya bulat, terbuat dari tepung kanji, terigu dan daging, disajikan bersama saus kacang, saus tomat dan kecap. Menurut kisah penyiar radio, makanan Salome ini mulai marak di Balikpapan pertama kali dijajakan pak le (panggilan untuk abang-abang di Balikpapan) dengan sepeda di lapangan Merdeka, Balikpapan yang sela

Depot Macau, Salah Satu Chinese Food Terbaik di Balikpapan

Depot Macau adalah sebuah rumah makan Tionghoa atau Chinese Food di kawasan Balikpapan Baru Ruko Fantasy.  Sebagai rumah makan yang menjajakan makanan non halal, maka di depan rumah makan sudah terpasang tulisan “Non Halal”. Karena di rumah makan ini menu utamanya adalah makanan olahan berbahan dasar daging babi, seperti sate babi, babi kecap, samcan goreng, nasi capcay babi merah,  nasi goreng chasiew, mie titi babi panggang, mie Kwantung, bakut sayur asin, sup perut ikan dan lain-lain. Salah satu menu yang paling menarik adalah nasi goreng babi panggang merah dan sate babi. Babi panggangnya tidak pelit dan sate babinya maknyus. Nasi cap cay babi merahnya juga sedap, porsinya pas, antara nasi, sayur dan babi panggangnya. Menempati sebuah ruko di hook, memiliki dua ruangan, ruang indoor dan ruang outdoor, yang mampu menampung sekitar 25-30 orang, meja dan kursi makan sederhana, dan tanpa AC. Tempat memasak berada di bagian luar dan meniupkan bau masakan yang sedap

Kedai Akim : Tempat Sarapan Ala Medan

Bagi Anda pecinta olahraga pagi, seperti jalan kaki atau gowes (bersepeda), bila  Anda lewat kawasan Balikpapan Baru, bisa mendapati tempat sarapan ala Medan. Tepatnya di Kedai Kopi Akim Medan, ada petunjuk lain dengan nama "Mie Pangsit 89". Lokasinya berseberangan dengan kantor pemasaran Grand City. Menu makan pagi yang tersedia mie pangsit bakso Medan, dengan pangsit kuah dan pangsit koreng. Lalu ada cakwe Medan, roti goreng, bubur ayam, soto ayam, onde-onde, dan telur setengah matang. Ada satu menu yang dirasa kurang, yaitu tidak tersedianya lontong sayur Medan. (Bagi penggemar lontong sayur Medan, bisa mencarinya di Pasar Modern Balikpapan Baru). Untuk minuman, Anda dapat memilih kopi Medan dan minuman lainnya panas maupun dingin. Kedai Kopi ini dikelola oleh pasangan suami istri asal Medan yang hijrah ke Balikpapan dan penggemar kaos jersey team sepakbola, karena tiap kali kesana keduanya selalu mengenakan kaos dengan warna seragam. Kedai